Senin, 08 Februari 2016

PULOMANUK PERHUTANI

Pantai Pulo Manuk terletak di Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak. Pantai Pulo Manuk merupakan kawasan wisata yang di kelola Perum Perhutani KPH Banten terletak di petak 45 Masuk wilayah RPH Bayah selatan  BKPH Bayah . Air lautnya yang jernih, juga hamparan pasir putihnya begitu mempesona sehingga pengunjung betah berlama-lama di lokasi ini, terdapat beberapa shelter untuk berteduh sambil menikmati hamparan ombak.
Sesuai dengan namanya  di lokasi obyek wisata ini banyak disinggahi burung. Selain burung, di pulau ini juga terdapat habitat kera, seperti lutung dan monyet.
Wisatawan yang masuk ke area Pantai Pulo Manuk akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan sepeda motor Rp. 2000, Sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp. 4.000 dan bus Rp 8.000.
Tak jauh dari lokasi sekitar ada sebuah goa yang bernama Lawang Saketeng. Gua itu konon pada jaman dahulu merupakan tempat pertapaan Prabu Siliwangi. Tak jarang, warga kerap kali menjadikan tempat tersebut sebagai objek wisata ziarah. Untuk masuk ke dalam goa tersebut tak dikenakan biaya.
Untuk mencapai lokasi ini, bisa melalui jalur Rangkasbitung-Malingping-Bayah-Sawarna dengan jarak tempuh sekitar 150 kilometer (km) atau memakan waktu 3 sampai 4 jam. Dari jalur Sukabumi, bisa melintas ke arah Pelabuhan Ratu, Cisolok, Cibareno, Bayah, Sawarna, dengan jarak sama, yakni 150 km atau 3 sampai 4 jam.

Alat transportasi untuk menuju ke sana bisa menggunakan jasa angkutan umum bus elf sampai Terminal Bayah. Dari Bayah bisa menggunakan jasa angkutan umum atau ojek. Bagi wisatawan yang hobi jalan-jalan sayang bila belum mengunjungi Pantai Pulau Manuk.


Contact Person  humas KPH Banten
 - 087773844569
 - 085861208484
e-mail : Humas.kph.btn@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar